Menggunakan Masker Kain Untuk Pencegahan Virus

Masker yang ideal untuk pencegahan virus Corona adalah masker bedah dan masker respirator N95. Namun di tengah pandemi ini masker medis tersebut cukup langka dan jikapun ada harganya lebih mahal. Untuk itu terdapat alternatif lain yaitu penggunaan masker kain.

Kini masker dari bahan kain juga menjadi salah satu saran dari pemerintah untuk digunakan di masa pandemi Covid-19. seperti diketahui virus Corona bisa menular melalui percikkan air liur atau dahak dari sang penderita. Nah untuk mengurangi resiko tersebut menggunakan masker sangat diwajibkan salah satunya kini dengan masker kain.

Bahkan para tenaga medis seperti dokter dan perawat cukup kesulitan untuk menemukan masker medis. Maka dari itu masker kain cukup jadi penyelamat di tengah pandemi

Apakah Masker Kain Ampuh?

Memang belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa masker kain efektif untuk melindungi seseorang dari virus Corona, namun tetap saja masker dari bahan kain ini jadi alternatif satu-satunya pengganti dari masker medis. Beberapa alasan mengapa masker kain dinilai kurang efektif.

  • Masker kain bukan peralatan medis dan belum diuji dengan standar medis.
  • Kain yang digunakan tidak sama dengan bahan masker medis.
  • Ujung masker cenderung longgar jadi tidak bisa menutupi area sekitar hidung dan mulut secara sempurna.

 Dari beberapa hal di atas mungkin saja memang masker kain dinilai kurang efektif. Tapi masker ini tetap saja mampu menekan penyebaran virus Corona. Terutama bagi yang sudah terinfeksi Corona tapi tidak mengalami gejala apapun.

Cara Penggunaan Masker Kain

Karena kelangkaan masker medis dan jika ada harganya sangat mahal, masker kain menjadi pilihan satu-satunya untuk melindungi diri dari bahaya Corona. itu lebih baik menggunakan masker daripada tidak sama sekali dan menghirup percikkan batuk atau bersin dari orang sekitar Anda. Nah, sudahkah anda tahu cara pemakaian masker kain yang baik dan benar? Simak berikut ini.

  • Sebaiknya pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah, agar bisa menutupi mulut hidung dan dagu.
  • Lalu cuci tangan sebelum menggunakan masker, selipkan bagian tali di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat, jangan sampai longgar.
  • Jangan biasakan untuk menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bagian kain yang sedang digunakan.
  • setelah selesai menggunakan masker sebaiknya langsung dilepas dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan juga deterjen.
  • Langsung ganti masker kain bila terlihat robek atau rusak.

 

Penutup

Demikian pentingnya penggunaan masker yang harus disadari oleh masyarakat di tengah pandemi Corona. Saat ini toko online yang paling direkomendasikan menjual print masker dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau hanya di custom.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *