Tips Atas Bayi Kolik Agar Tidak Panik

bayi baru lahir

 

Pernahkah bayi anda mengalami tangis tidak henti selama beberapa saat? Tangisan bayi yang tidak kunjung henti selama beberapa saat dapat menandakan adanya permasalahan dalam diri bayi tersebut. Tangisan bayi selama 3 jam bahkan sering terjadi selama beberapa hari dapat menandakan bayi dalam kondisi kolik. Dimana kondisi ini cukup umum terjadi pada usia awal tumbuh kembang bayi.

Jadi, apa itu kolik? Kolik merupakan suatu keadaan dimana bayi menangis terus menerus tanpa henti. Kondisi ini ditandai dengan tangisan bayi yang terus terjadi selama kurun waktu 3 jam dan berepisode. Dimana episode yang dimaksudkan adalah berlangsung berulang selama beberapa saat. Apabila bayi baru lahir anda mengalami gejala tersebut, ada baiknya anda melakukan penanganan yang tepat dalam mengatasi kolik pada bayi.

Kolik pada bayi menjadi kondisi yang umum terjadi pada bayi. Diakibatkan karena terjadinya sebuah gangguan di system pencernaannya ataupun karena ada alergi. Anak yang lahir prematur biasanya cenderung mengalami kolik pada bayi dikarenakan sistem pencernaannya yang belum terbentuk sempurna. Gangguan sistem cerna yang terjadi dan menyebabkan kolik pada bayi adalah adanya gas dalam sistem cerna maupun asam lambung yang naik.

Bila anak anda mengalami kolik pada bayi dengan gejala menangis tidak henti, ada baiknya anda melakukan beberapa kegiatan berikut ini :

  1. Menggendong bayi ketika menangis lama

Respon cepat dan utama yang diberikan ketika bayi menangis lama adalah menggendongnya. Dengan menggendong bayi maka anda akan memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada bayi tersebut. Sehingga kolik pada bayi dapat diatasi dengan baik dan bayi nyaman.

  1. Menengkurapkan posisi bayi dan menepuk punggungnya perlahan

Penyebab terjadinya kolik pada bayi adalah adanya gas dalam perut yang menyebabkan perasaan tidak nyaman pada bayi. Anda bisa menengkurapkan bayi dan menepuk punggungnya untuk mencegah terjadinya kolik pada bayi berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan gas dalam perut bayi tersebut sehingga bayi akan merasa nyaman.

  1. Anda bisa langsung gendong si bayi agar lebih tenang bisa sambil jalan-jalan

Ketika bayi anda merasa kurang nyaman pada posisinya ataupun mereka bosan di posisinya, anda bisa menggendong dan mengajak jalan bayi anda. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bosan bayi dan meredakan kolik pada bayi.

  1. Bayi bisa dimandikan dengan air yang hangat agar bayi nyaman

Bila anak anda menangis tidak kunjung henti, ada baiknya anda mencoba untuk memandikan anak anda dengan menggunakan air hangat. Dimana air hangat akan memberikan sensasi rileks pada bayi sehingga bayi akan nyaman dan mudah terlelap. Anda bisa memberikan pijatan ringan pada tubuh bayi untuk memberikan rasa kenyamanan.

  1. Memberikan larutan gula kepada bayi 1-2 mL

Air gula mampu meredakan rasa sakit yang dialami oleh bayi. Dimana air gula yang diberikan dengan takaran 1 sendok gula dilarutkan ke dalam 1 gelas air dan diberikan kepada bayi 1-2 mL saja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *