Tips Menggunakan Sambungan Pipa Sesuai Kebutuhan

sambungan pipa

Sambungan pipa pasti kita butuhkan dalam skema instalasi pipa di sebuah gedung bertingkat. Apalagi jika pipa yang digunakan bukan hanya satu jenis tetapi beberapa jenis pipa. Yang pada setiap jenis membutuhkan tipe sambungan pipa yang juga berbeda. Terutama dari segi material pembuatan pipa, kemudian ukuran, dan lain sebagainya agar instalasi berjalan dengan sempurna.

Nah dalam rangka mensukseskan skema instalasi yang kamu atau ahli perpipaan buat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan betul yaa. Diantaranya material dari sambungan pipa, kemudian bagaimana pemasangannya yang betul antara pipa air dan juga sambungannya. Namun sebelum kamu menggunakan sambungan untuk pipa air tersebut, ada baiknya kamu juga memahami berbagai sambungan pipa yang telah diproduksi oleh produsen pipa seperti Rucika dan berbagai produsen besar lainnya.

Mengenal Macam-Macam Sambungan Pipa

Jika kamu menggunakan pipa PVC ataupun pipa PE untuk membuat instalasi air bersih kamu juga tentunya membutuhkan partisi sambungan pipanya. Tipe sambungannya pun harus disesuaikan dengan model instalasi yang coba kamu buat. Contohnya apabila kamu ingin menyambungkan pipa PE dengan pipa air panas PPR, maka kamu bisa menggunakan macam-macam dari sambungan pipa berikut ini ya.

1.     Sambungan tipe rubber ring

Sesuai dengan namanya sambungan ini menggunakan rubber ring atau cincin karet yang akan dipasang pada socket pipa dan berguna untuk menyambungkan antara PVC dengan PVC-O. Cara memakainya pun amat mudah karena kamu tidak perlu pengetahuan khusus, hanya saja ketika melakukannya kamu hanya perlu mengoleskan pelumas yang material dasarnya adalah air pada titik sambungan setelah itu kedua pipa akan melekat dengan sempurna.

2.     Sambungan yang memanfaatkan heat fusion

Metode penyambungan pipa yang satu ini memanfaatkan energi panas loh atau heat fusion. Dimana panas ini akan bekerja untuk melunakkan dua pipa yang akan disambung. Heat fusion mampu menghasilkan sambungan pipa yang lebih solid karena terdapat proses penyatuan ikatan material dari kedua pipa tersebut.

Penggunaan metode ini juga berbeda-beda loh untuk setiap material pipa. Yang mana apabila kamu ingin menyambungkan pipa PPR kamu harus menggunakan poly fusion, kemudian jika kamu ingin menyambungkan antara material PE atau PA kamu bisa menggunakan butt fusion, dan untuk yang bermaterial macam-macam (PPR, kemudian PE ataupun PA) kamu bisa melakukannya dengan metode electro fusion.

Nah yang perlu kamu perhatikan adalah kamu tidak bisa sembarangan melakukan penyambungan pipa dengan metode ini. Karena metode sambungan pipa ini sebaiknya dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman dan mempunyai ilmunya. Dan penting untuk kamu ketahui juga, kalau energi panas yang diperlukan pada proses ini cukup besar, sehingga pastinya kamu berhati-hati dan cek sumber listrik yang ada ditempatmu terlebih dahulu.

3.     Sambungan dengan menggunakan fitting pipa (Mechanical Joint)

Metode penyambungan merupakan yang paling mudah loh karena pakai fitting pipa. Fitting pipa di industry perpipaan khususnya yang diproduksi oleh Rucika sangat banyak loh, maka kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan sambungan instalasimu. Nah biasanya penggunakan fitting pipa ini harus sesuai, misalnya jika kamu menggunakan pipa yang berulir maka kamu bisa menggunakan fitting pipa yang berulir juga. Sedangkan fitting yang lain memungkinkan juga untuk kamu menggunakan baut untuk mengencangkannya.

Contoh fitting yang berulir untuk sambungan pipa diantaranya ada valve socket, kemudian ada faucet socket da nada juga jenis union socket. Sedangkan fitting yang menggunakan baut biasanya adalah fitting flange adaptor. Metode ini cenderung bisa dilakukan untuk semua jenis sambungan yaa, tinggal menyesuaikan fitting yang akan kamu gunakan.

4.     Sambungan dengan bahan kimia atau chemical joint

Selanjutnya sambungan juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan lem pipa atau solvent cement. Contohnya yang dimiliki oleh Rucika yaitu RuGlue. Penggunaannya pun amat mudah dan bisa dilakukan tanpa kamu perlu sewaa ahli perpipaan ya. Kelebihan penggunaan metode ini adalah kamu tidak memerlukan pengetahuan khusus atau menyewa ahli karena kamu bisa melakukannya sendiri dan juga harganya yang memang murah di negara kita ini dan bisa kamu terapkan pada PVC ya untuk pipanya.

Tips Tepat Saat Akan Memakai Sambungan Pipa pada Instalasi

Jika kamu ingin mendapatkan sambungan pipa yang tepat kamu harus mempertimbangkan antara harga dan level kebutuhanmu. Dimana produsen besar pipa sekelas Rucika mempunyai beragam sambungan pipa dengan tipe dan harga yang berbeda. Meskipun sama sama merek Rucika dan berjenis sambungan yang sama tapi sambungan pipa mempunyai kelas. Dimana untuk kelas pertama tentunya akan jauh lebih mahal daripada kelas Rucika medium.

Nah hal tersebut bisa kamu sesuaikan dengan pipa yang kamu gunakan, jika kamu gunakan pipa kelas pertama ada baiknya sambungan pipanya juga menggunakan kelas pertama. Terutama jika kamu sedang membangun gedung bertingkat, agar instalasi pipa di dalam gedung bisa awet dan berumur lebih panjang. Serta sesuaikan pula dengan dana yang kamu alokasikan untuk instalasi pipa ini yaa.

Itulah tadi uraian mengenai sambungan pipa yang cocok kamu gunakan untuk skema instalasi perpipaan di dalam maupun di luar gedung bertingkat. Nah untuk jagonya pipa memang di Indonesia ini Rucika sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan macam-macam sambungan yang dimilikinya. Dan jika kamu berkunjung ke www.rucika.co.id secara langsung kamu pun akan disuguhkan banyak hal terkait pipa loh, baik itu harga, kemudian macam-macamnya, dan juga ilmu terkait instalasi perpipaan. So jangan lupa kunjungi webnya yaa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *